HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pengajian Wisuda Santri TPQ Raudlatussa'adah Kijung Rejo Way Pengubuan

pengajian wisuda tpq kijung rejo


Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokaatuh..

InfoTamient- Dengan rasa bersyukur yang tak ada habis nya admin mengucapkan Alhamdulillahirobbil:alamin karena masih di karuniai nikmat dan hidayah dari Alloh Swt. sehingga bisa menulis sebuah artikel yang sederhana namun Insya Alloh bisa bermanfaat. Amin

Allohuma Sholi'alanabi Muhammad... Mudah-mudahan sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi agung Muhammad Saw. yang mana beliaulah yang senantiasa mendoakan kita semua agar mendapat syafaatnya. Amin

Rosululloh Saw. bersabda, Tholabul "ilmi faridlotun 'ala kuli muslimin walmuslimat minal mahdi ilallahdi... Di wajibkan bagi kita umat Islam untuk mencari ilmu baik laki-laki maupun perempuan, karena kata Rosululloh saw. Al'ilmu-Nurrun, maka cahayailah hidup kita dengan Ilmu.

Pada hari sabtu malam minggu tanggal 03 ke 04 Maret 2018 telah di selenggarakan acara pengajian dalam rangka Wisuda Santri TPQ Roudlatussa'adah di Kijung Rejo-Way Pengubuan. dalam acara ini terdapat suatu keajaiban-keajaiban dari Alloh Swt.

Karena di malam itu terdapat hamba-hamba generasi muda yang akan meneruskan perjuagan Rosululloh dalam menegak kan ajaran agama islam. Di malam yang penuh keberkahan para warga Kijung Rejo berbondong-bondong untuk menghadiri pengajian tersebut.

Sebelum Admin melanjutkan admin mau mengutarakan beberapa hal  dengan perihal penulisan artikel ini, Silahkan klik Perihal di bawah ini :

Dengan tujuan-tujuan tersebut mudah-mudahan bisa lebih di terima oleh semua kalangan


Baiklah admin akan melanjutkan penulisan artikel ini

Sampai mana tadi ? hhe

Pada malam itu admin juga mengunjungi acara pengjian tersebut bersam temen-temen muda dari desa tetangga. admin cukup merasa senang dan di dalam hati juga ada rasa bangga karena di jama sekarang masih banyak anak-anak yang semangat mengaji Al-qur'an sampai khatam dan bahkan sampai menghafal beberapa surat dari Al-qur'an.

Dalam  pengajian tersebut telah di susun rapi susunan-susunan acara oleh pihak panitia penyelenggara, untuk susunan-susunan acara akan admin beberkan di bawah sekaligus penjelasan nya.

Sebelum acara di mulai ada qosidah yang indah melantunkan sholawat-sholawat nabi hingga acara di mulai, saya rasa qosidah tersebut juga qosidah dari TPQ kijung rejo, di sambung para santriwati dengan semangat dan suara indah mereka melantunkan lagu mars Nahdlatul Ulama (NU) yang ber judul "Hubbul Wathon" s/d selesai.


Susunan Acara
1, Pembukaan
2, Pembacaan Ayat-Ayat Suci Al-qur'an
3, Pembacaan Sholawat Nabi
4, Kreasi Tari Seni Santri TPQ
5, Sambutan-Sambutan
  • Bp. Musthofa selaku Ka, Panitia
  • Bp. ky. Ahmad Zuhdi selaku Pengasuh TPQ Raudlatussa'adah
  • Bp. Satari selaku Ka.Dusun Kijung Rejo
6, Wisuda Annahdliyah TPQ Raudlatussa'adah
7, Inti Mauidzotulhasanan
  • Kh. M.Asyhar Mu'alif dari PP. Darussa;adah Mojo Agung
8, Do'a sekaligus Penutup

Tamu Undangan
Acara tersebut telah di hadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama dan para warga sekitar, berikut para tamu undangan
  • Bp. Jauhari Subing Ka. Kampung Lempuyang Bandar ( namun belum bisa datang)
  • Bp. Satari Ka. Dusun Kijung Rejo
  • Bp. Ir. Suharno selaku direktur PG1 Umas jaya
  • Bp. Ust. Aly Utsman selaku Tokoh Agama
  • Bp. Abu Yamin selaku Tokoh Agama
  • Bp, Ust, Joko selaku Tokoh Agama
  • Jama'ah Kijung Rejo
  • Segenap Panitia


Acara demi Acara 

1, Pembukaan
pengajian wisuda tpq kijung rejo
Pembawa acara

 Dengan di awalai pembacaan surat Al-fatihah yang di pimpin oleh Pembawa acara/Mc maka awal acara telah di mulai dan berharap mudah-mudahan acara bisa berjalan dengan lancar. dan di susul acara yang ke

2, Pembacaan ayat suci Al-qur'an
pengajian wisuda tpq kijung rejo
Pembacaan ayat suci Al-qur'an

 Seperti acara pada umum nya pembacaan ayat suci Al-qur'an selalu menempati acara yang ke dua, untuk yang mengumandangkan pembacaan ayat Al-qur'an di kumandangkan oleh ustadz ...; (maaf admin kurang mengenal nya).

Dengan di bacakan ayat Alqur'an berharap kita mendapat pahala dan pertolongan dari Alloh Sw. di hari pembalasan kelak. dan di susul acara yang selanjutnya yaitu acara yang ke

3, Pembacaan Sholawat Nabi
pengajian wisuda tpq kijung rejo
Pembacaan Sholawat Nabi

 Untuk  pembacaan sholawat Nabi tersebut di pimpin oleh dua Santriwati TPQ Raudlatussa'adah, dengann tujuan semoga mendapat Syafa'at Nabi Muhammad dan berharap acara malam itu menjadi lancar dan penuh barokah, karena Rosul juga sangat suka dengan orang-orang yang mau Tholabul 'Ilmi.

Di pimpin dua Santriwati yang cantik para jama'ah pun berdiri dan bersholawat bareng, dengan suara lantang kami jamaah membaca sholawat dengan sekeras-kerasnya karena kami berharap Rosululloh datang dan menyaksikan acara suci tersebut, karena kami Rindu Rosululloh.

  • Keterangan lucu, bahwa saat Mc menyampaikan acara ternyata ada kesalahan susunan acara, yang seharus nya acara ke tiga pembacaan sholawat nabi namun malah di ganti acara yang ke empat yaitu acara "Kereasi Tari Seni"
  • Namun demikian gak jadi karena kesalahan teknis,,,,, he he hee (Ngguyu Riyen )

Setelah Sholawat Nabi selesai di lanjutkan acara yang ke

4, Kreasi Tari Seni

  Kreasi Tari Seni ini Panitia menampilkan Santriwati TPQ Raudlatussa'adah untuk menunjukan bakat tari mereka, memang tidak bisa di pungkiri dengan gerakan tangan para penari tersebut jama'ah di manjakan dengan Tarian Kun Anta.

Jama'ah pun merasa terhibur dan sangat antusias, lebih-lebih jamaah yang membawa Handphone semua pada mem-Video aksi tersebut, hingga akhirnya selesai dan di susul acara berikutnya

5, Sambutan-Sambutan

 1, Untuk sambutan yang pertama di sampaikan oleh Ka.Panitia Bp. Musthofa, berhubung waktu sudah larut malam beliau tidak panjang lebar, hanya menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran seluruh jama'ah dan meminta maaf atas segala kekurangan dalam penyajian atau memberikan tempat yang kurang berkenan (selayak nya ka,panitia yang punya tanggung jawab).
pengajian wisuda tpq kijung rejo
Bp. Musthofa ka. Panitia

2,
Ky, Ahmad Zuhdi menyampaikan sambutan nya setelah ka.panitia, Beliau sebagai pengasuh dan sekaligus pendiri TPQ Raudlatussa'adah yang di sampaikan kepada jamaah tentang TPQ dan pola mengajar santri-santrinya,  di dalam smbutan nya  beliau meyaqinkan kepada jamaah yang sekaligus warga serta wali santri di situ bahwa pendidikan di dalam TPQ tersebut tidak hanya menghafal surat-surat al-qur'an namun juga Insya Alloh akan dengan arti,pemahaman dan penerapan nya juga. karena beliau sangat ingin memberikan didikan akhlakul karimah kepada anak-anak dusun kijung rejo.
pengajian wisuda tpq kijung rejo
Ky. Ahmad Zuhdi Pengasuh TPQ Raudlatussa'adah

3, Untuk sambutan yang ketiga di sampaikan oleh Bp. Satari selaku Ka. dusun kijung rejo, yang mana beliau dalam penyampaian nya beliau mengutarakan rasa bangga nya kepada anak-anak warga kijung rejo.  Ada beberapa hal yang lucu pada saat penyampai sambutan nya, kata beliau : "Dengan ini saya tidak akan panjang lebar, karena apa bp/ibu ? karena saya Gemetar berbicara di atas panggung seperti ini" sambil tertawa, dan para jama'ah pun ikut tertawa semua ,, hhee lucu ya ?!
pengajian wisuda tpq kijung rejo
Bp. Satari ka. Dusun Kijung Rejo

6, Penampilan Wisuda Annahdliyah
pengajian wisuda tpq kijung rejo

 Untuk acara yang keenam adalah acara yang di tunggu, yaitu penampilan Wisuda Annahdliyah, untuk peserta nya sendiri berjumlah 18 ( Delapan Belas ) peserta yang terdiri dari tujuh santri Laki-laki dan sebelas santri Perempuan, dan yang mengagumkan ada salah satu peserta yang baru masuk islam atau Mualaf dari keluarga mualaf yang sebelum nya beragama Hindu, Subhanalloh....

Dengan seragam layak nya wisudawan/wisudawati para peserta membacakan surat-surat pendek dengan berkelompok menjadi tiga orang tiga orang dan berserempak membaca surat-surat pendek.

Saya peribadi merasa bangga dan terharu saat menyaksikan para peserta yang terbilang masih kecil namun sudah bisa menghafal banyak dari surat-surat Al-qur'an, dan mungkin admin juga teringat di waktu masih di pesantren juga menjadi peserta Khotmil Qur'an Binadhri di pesantren Miftahul Huda.

Namun waktu itu usia admin sudah terbilang dewasa karena sudah berumur sekitar 18 tahun, yang bikin sedih admin bisa tampil jadi peserta sudah dewasa namun mereka yang masih kecil sudah bisa dan mampu untuk mengkhatamkan Anahdliyah. (eh malah jadi curhat hhee)

Penyerahan Ijazah
Setelah selesai mmembaca surat-surat pendek lalu pembagian Ijazah yang mana penyerahan tersebut di berikan oleh dua orang yang berwibawa, yaitu di berikan oleh BP.Ir, Suharno dan Bp.Ky Aly Utsman sembari di foto satu persatu saat penyerahan nya.

Sesi Pengharuan
 Setelah penyerahan Ijazah selesai di susul suasana yang mengharukan, tiba-tiba lampu di tempat di matikan dan ada suara musik sedih serta di susul suara yang memberikan puisi/kata-kata mutiara tentang anak dan orang tua, yang pada sesi ini semua peserta dan para orang tua wali santri bahkan jamaah pun hanyut dalam keharuan tersebut, tak bisa di bendung tangisan sedih, bangga dan bahagia terutama wali santri yang merasa bangga akan anak-anak mereka.

Dan di para peserta mengahampiri orang tua wali mereka untuk naik ke atas panggung dan sesi foto bareng.

Foto bersama orang tua wali peserta wisuda

7, Inti Mauidzotul Hasanah
 pengajian wisuda tpq kijung rejo
Kh. M.Asyhar Mu'alif

 Mauidzotul hasanah yang di sampaikan oleh KH. M.Asyhar Mu'alif dari Mojo Agung Gunung Sugih tersebut memberikan Nasihat-nasihat yang muliya, sebelum Abah Yai memberikan nasihat beliau memanggil salah satu peserta yang mualaf tadi dengan mengistimewakan nya dan memberikan sesuatu kepaa mualaf tersebut sembari berkata "iki simpen yo ndok ojo sampek ilang (ini simpan ya nduk, jangan sampai ilang)" kata beliau, dan minta Photografer untuk memfoto nya bersama.
 pengajian wisuda tpq kijung rejo
Foto bersama Abah Yai dan Peserta Mualaf

Dari inti nasihat beliau admin mendapat beberapa inti, yaitu

*Kewajiban atau hak anak kepada orang tua yaitu 
  1. Hak menerima Nama yang baik
  2. Hak di ajari Al-qur'an
  3. Hak di nikahkan

*Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia orang lain
Tidak memandang agama bangsa atau apapun,, yakni "nek kui urep berarti menungso seng harus di lakoke koyo menungso" (selama itu hidup berarti manusia yang harus di perlakukan layaknya manusia) kata di dalam nasihat beliau.

* Beliau juga memberikan Ijazah kepada para jama'ah

Saat penyampaian nasihat nya pun di iringi dengan lelucon-lelucon yang bisa membuat jamaah tidak ngantuk karena saat itu sudah terbilang malam yakni kurang lebih beliau naik ke atas panggung sejitar jam 23:25 WIB.

Setelah kurang lebih satu jam beliau di minta untuk memimpin baca sholawat dan penarikan Infaq dan di susul berdoa'a bersama untuk mengakhiri nasihat beliau.

8, Penutupan

Sungguh sayang ceramah nya sudah selesai, dan akhirnya sudah di ujung acara yakni Mc segera menutup nya dengan mengucap syukur Alhamdulillah Acara pun sudah selesai.

Pada saat admin pulang bersama teman rombongan salah satu Tokoh agama di atas bilang kepada adik admin yang termasuk teman rombongan admin.

Kata nya: "sayang banget yo ceramahe apik-apik tapi gor dilit" sambil tersenyum seolah-olah masih ingin mendengarkan ceramah tadi.
Dan pada akhirnya admin pun harus undur diri karena tidak di sadari kita sudah di ujung sini.. kurang lebih nya admin ucapkan terimakasih dan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada salah kata dan penulisan.

Admin Ucapkan Waullohulmuwafiq illa aqwamittoriq wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarookatuh.

Previous
« Prev Post

Kritik dan saran Anda selalu kami tunggu, tinggalkan lah komentar yang baik !

Contact Form

Name

Email *

Message *