HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pentingnya Pendidikan Praktek Ibadah Pada Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Praktek Ibadah Pada Anak Usia Dini- Pendidikan itu sangat penting untuk setiap manusia, kecil maupun dewasa, kata lain pendidikan adalah pembelajaran, pembelajaran sendiri memiliki kata lain belajar arau tholabul'ilmi.

Maka sudah jelas selain belajar itu suatu kewajiban setiap umat muslim belajar juga sangat penting untuk manusia baik muslim atau non muslim. karena lewat belajar kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Pendidikan juga mengajarkan moralitas setiap manusia, yang mana mampu membimbing manusia menuju jalan kebenaran.

Baik lah mari kita membahas sedikit tentang Pentingnya Pendidikan untuk Anak Usia Dini yang teelah kami tulis di bawah ini.

penting nya pendidikan
RA. Barokatul Qodiri Putra Lempuyang
Menurut Dr. Zakiah Daradjat, dkk dalam bukunya metodik khusus pengajaran agam islam (2011) 
"Islam adalah suatu agama yang berisi tentang tata hidup yang diturunkan Allah kepada umat manusia melalui para Rasul-Nya. Kata Ibadat berasal dari bahasa arab yang artinya penyembahan.  Ibadat juga salah satu bentuk pengabdian. Ada pengabdian yang secara tegas digariskan oleh syarian islam, seperti shalat ,puasa zakat, dan haji. Dari semua contoh tersebut yang paling utama adalah shalat, sehingga shalat ini dipandang sebagai tiang agama.

Lantas bagaimanakah pengajaran ibadah shalat untuk anak usia dini???

Masa anak adalah rentan waktu anak yang berada dalam masa peka. Anak sensitif untuk menerima berbagai rangsangan sebagai upaya pengembangan seluruh potensi anak. Kondisi seperti ini sebagai acuan guru dalam merancang pembelajaran.

Masa anak juga masa untuk meletakkan  dasar pertama dalam kemampuan fisik, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, seni, moral dan nilai-nilai agama.
Sedangkan shalat adalah salah satu rukun islam yang kedua setelah sahadat. Shalat juga berarti do'a. Sebagai bukti keimanan dan keislaman hamba kepada rabbnya.

 Shalat juga dihukumi wajib yang barang siapa mengerjakan akan mendapat pahala dan barang siapa yang meninggalkannya akan mendapat dosa. Pelaksanaan shalat juga sudah di tentukan diwaktu-waktu yang istimewa.

Maka dari itu pentingnya bagi guru dan orang tua untuk melatih anak didiknya dalam pengenalan agama anak. Dari adat kebiasaan keagamaan sampai cara ibadah yang benar.
Jika anak sudah terbiasa terlatih untuk melakukan kewajiban agamanya maka diharapkan anak akan tumbuh menjadi seorang yang lebih matang jiwa dan kepekaan hatinya terhadap pentingnya melakukan kewajiban beragama.

pentingnya pendidikan
RA. Barokatul Qodiri Putra Lempuyang

Selain anak mengetahui apa saja kewajiban sebagai seorang muslim. Orang tua atau pendidik juga harus mengajarkan tata caranya. Seperti halnya tatacara shalat.
Bagi guru atau orang tua jangan pernah takut jika anak kita tidak akan bisa. Karena otak pada masa kanak-kanak yaitu 3-6 tahun memiliki tingkat penyerapan sebanyak 60%. 

Dan masa anak saat berusi 6-8 tahun memiliki kepekaan sebanyak 80% sisanya kepakaan anak untuk seumur hidup.
Maka benar sekali pepatah mengatakan "belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu.
Belajar diwaktu besar bagaikan mengukir di atas air"

Saat kita memberi pelajaran untuk anak usia dini itu sangat sulit, tapi hasilnya insyaallah bisa bertahan sampai dewasa contoh saja saat anda mengajarkan doa mau makan kepada anak anda saat masih bayi yang terus diulang-ulang agar anak terbiasa hasilnya akan tetap terlihat samapai kapnpun.
Tapi saat kita memberi pelajaran orang yang sudah dewasa memang mudah sehari juga hafal.

Tapi apakah hasilnya akan bertahan lama???

Nah sekarang kita tempatkan jika yang kita latih dari dini adalah shalat, mengaji, tentu anak akan terbiasa sampai tua nanti. Tidak perlu dipukul hanya untuk shalat. Karena anak sudah terlatih.
Maka dari hal yang penting itu diharapkan lembaga pendidikan usia dini juga sadar untuk menerapkan pendidikan praktek ibadah pada kurikulum pendidikannya.

 Selain sekolah terlihat lebih maju maka akan tertanam amal jariyah yang apabila gurunya telah meninggal dan anak didiknya masih mengamalkan shalat pahalanya tetap mengalir untuk guru tersebut.


Untuk kita semua yang berprofesi sebagai guru baik guru Paud/TK/RA, SD, Guru ngaji dan semua nya mari kita ulangi niat kita untuk mengajar, mengajar karena Alloh dan berharap hanya kepada Alloh.

Jangan pernah berharap imbalan selain berharap kepada Alloh karena imbalan di dunia hanya bisa menghapus imbalan kita di akhirat kelak.

Nah demikian telah usai pembahasan kita tentang Penting nya Pendidikan Praktek Beribadah untuk anak usia dini, meski sedikit dan ringkas mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. amin

Keyword untuk ini adalah Pentingnya Pendidikan Praktek Ibadah Pada Anak Usia Dini
pentingnya pendidikan anak usia dini dalam islam,apa manfaat pendidikan agama sejak dini bagi remaja, pentingnya pendidikan agama islam pada anak usia dini, tujuan pendidikan islam untuk anak usia dini, pentingnya pendidikan agama sejak usia dini. ayat tentang pendidikan anak usia dini. pengembangan potensi anak usia dini menurut islam 
hadits tentang pendidikan anak dalam islam

Previous
« Prev Post

2 komentar

Terimakasih, sangat bermanfaat,,,
sebaik-baiknya guru adalah ibu, namun saat ini banyak ibu yang harus rela terpisah dengan buah hati saat masa emas nya,,,

Terimakasih Sangat bermanfaat,,,,
Tapi saat ini banyak ibu2 yang jauh dengan buah hati di saat masa masa emasnya,,,

Kritik dan saran Anda selalu kami tunggu, tinggalkan lah komentar yang baik !

Contact Form

Name

Email *

Message *