HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kumpulan Hadits Bulan Ramadhan Arab Beserta Arti nya

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَركَاتُه
Dengan izin Alloh Santri Salaf ini ingin berbagi tentang kumpulan Hadits Sahih Tentang Puasa Ramadhan untuk membantu para ustadz ataupun muslim yang ingin mencari tentang Hadits-hadits Rosul tentang bulan Ramadhan.
kumpulan hadits
Kumpulan Hadits Ramadhan

Sebentar lagi memang akan datang bulan suci yang penuh kebarokahan yang di mana orang-orang muslim akan berbondong-bondong meraih akhirat gunak untuk mendekatkan diri kepada Rabbul'izzaty.

Mungkin para bapak/ibu sekalian yang ingin berceramah menggunakan metode di bulan Ramadhan sangat membutuhkan dalil-dalil tentang puasa,shalat tarawih, hikmah Ramadhan dll. karena di bulan Ramadhan banyak sekali amalan-amalan sholih yang akan di lipat gandakan pahalanya.

Terkadang juga para santri ataupun pelajar di sekolah nya ada syafari Ramadhan, dan di tugaskan untuk membawakan sepatah dua patah pidato mengenai Bulan Ramadhan maka otomatis membutuhkan dalil-dalil atau dasaran untuk memperkuat isi pidato nya.

Nah di bawah adalah Kumpulan Hadits-Hadits yang saya peroleh dari berbagai sumber seperti kitab salafiyah,Buku hadits, Buku fadilah Ramadhan dll sehingga terkumpul lah di sini untuk membantu yang membutuhkan.

Kumpulan Hadits Bulan Ramadhan


1. Hadits Bulan Ramdahan


Dari sahabat Abu Hurairoh Ra. katanya: Rosululloh Saw. bersabda:

إِذَاجَاءَرَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُالْجَنَّةِ

"Jika tiba bulan Ramadhan, pintu-pintu surga di buka"

Di dalam kitab An-nashoihu Ad-diniyyah 37 menyatakan "Barang siapa bertaqorub (beribadah) kepada Alloh i bulan Ramadhan dengan satu ibadah fardhu, maka nilai pahalanya sebanding dengan 70 ibadah fardhu di bulan selain bulan Ramadhan, dan barangsiapa mengerkjakan ibadah sunnah di bulan Ramadhan maka nilai ibadahnya sebanding dengan 1 ibadah fardhu pada buklan selain Ramadhan".

Seandainya umat ku tahu hal istimewa dalam bulan Ramadhan niscaya mereka meminta agar semua bulan menjadi Ramadhan". Karena setiap amal kebaikan di lipat gandakan pahalanya,  tho'at di terima, doa nya di obul kan, dosanya di ampuni dan mereka termasuk orang yang di rindukan syurga.

Begitu besarnya nilai di dalam suci Ramadhan sehingga Rosululloh bersabda :

مَنْ فَرِحَ بِدُخُلِ رَمَضَانَ حَرَّم اللهُ جَسَدَهُ عَلَى النِّرَانِ

"Barang siapa suka (lega hati) atas datang nya Bulan Ramadhan, maka Alloh mengharam kan jasad nya masuk neraka"

2. Hadits Tentang Berpuasa


Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat isl;am di seluruh dunia, bulan yang penuh dengan kebarokahan yang tak terhingga nilainya, bulan yang penuh ampunan dan bulan yang penuh rahmat.

Di bulan suci Ramadha Alloh membuka lebar-lebar pintu syurga, menutup pintu-pintu neraka dan membelenggu tangan-tangan syaithan.

Rosululloh Saw. Bersabda :

الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلاَيَرْفُثْ وَلاَيَجْهَل وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْشَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَخُلْفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَاللَّهِ تَعَلَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ مِنْ اَجْلِي الصِّيَامُ لِى وَأنَاأَجْزِي بِهِ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرٍأَمْثَالِهَا

"Puasa adalah perisai, maka jangan lah dia berkata kotor dan bertindak dungu. adapun kalu ada orang yang mencela dan mencaci maki dirinya hendak nya dia katakan kepadanya "Aku sedang berpuasa" dua kali. demi Dzat jiwaku berada di kekuasaan nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Alloh dari harum nya minyak kasturi. (Alloh berfirman) 'Dia rela meninggalkan makanan nya, minuman nya, dan keinginan nafsu nya karena Aku(Alloh). Puasa itu untuk ku, dan aku sendiri uang akan membalas nya. Setiap kebaikan itu di lipat gandakan sepuluh kali nya". (HR. Bukhori)

3. Hadits Perintah Berouasa Ramadhan


Setiap umat muslim baliqh,berakal dan mampu berpuasa maka di wajib kan atas nya berpuasa di bulan suci Ramadhan, sebagai mana yang telah Alloh Firmankan  dalam surat Al-baqoroh ayat 183 dan 184 yang berbunyi :

يَآأَيُّهَاالَذِينَ أَمَنُوْاكُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ، أَيَّامًامَعْدُوْدَاتٍ

"Hai orang-orang yang beriman di fardhukan (di wajibkan) atas kamu berpuasa sebagaimana telah di fardhukan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (puasa itu) beberapa hari yang di tertentu 29ًatau 30)".

Rosululloh Saw. juga bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًاوحْتِسَابًاغُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَاتَأَخَّرَ

"Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala (ikhlas), maka semua dosa-dosanya yang telah lewat dan yang akan datang di ampuni". (HR. Bukhori dan Muslim)

Masih hadits Rosululloh Saw.


إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًايُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّئِمُوْنَ يَوْمَالْقِيَامَةِ لاَيَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ لاَيَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌغَيْرُهُمْ فَإِذَادَخَلُواأُغْلِقَ فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

"Sesungguh nya di dalam surga terdapat sebuah pintu yang di sebut Ar-Royyan. Orang-orang yang rajinberpuasa akan masuk surga melewatinya. Di serukan kepada mereka, 'Manakah orang-orang yang rajin berpuasa?' maka mereka pun bangkit. Tidak ada yang masuk pintu itu selain golongan mereka. Dan kalau mereka sudah masuk maka pintu itu akan di kunci sehingga tidak ada lagi seorang pun yang bisa melaluinya". (HR.Bukhori)


Untuk saat ini sekian dulu dari artikel kumpulan hadits tentang bulan Ramadhan semoga barokah dan bermanfaat untuk kita semua, dan jika ada salah kata penulisan maka saya meminta ampun kepada Alloh dan meminta maaf kepada kawan-kawan semua.

Saya akhiri وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَركَاتُه

Previous
« Prev Post

Kritik dan saran Anda selalu kami tunggu, tinggalkan lah komentar yang baik !

Contact Form

Name

Email *

Message *