HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Islamic Center Tulang Bawang Barat Yang Bikin Penasaran Se-indonesia

Islamic Center Tulang Bawang Barat- Pada tahun 2016 lalu ketua mentri agama pak Lukman Hakim datang ke lampung tepatnya di kabupaten Tulang Bawang Barat untuk meresmikan Masjid Agung Baitu Sobhur atau yang biasa di sebut Islamic Center.

islamic center tulang bawang
Panorama islamic center tulang bawang barat

Islamic Center Tulang Bawang Barat Ini terletak berdampingan dengan Rumah Adat/balai adat lampung yaitu Sesat Agung, dengan arsitektur yang menerjakan proyek ini Islamic Center terdesain tidak seperti masjid-masjid pada umum nya, adapun desain Islamic Center sbb.

Di rancang oleh Arsitek nya Masjid Agung dengan Vertikal dan Sesat Agung Horizontal, dan uniknya lagi Masjid ini tidak Bermenara.

Masjid BaitusShobur Tulang Bawang Barat

islamic center tulang bawang
Masjid Agung Islamic Center Tulang Bawang Barat

Sebelum kita mengetahui hal-hal unik yang terdapat dalam Masjid Agung Baitus Sobur ini alangkah baik nya kita mengetahui tentang nama dan makna Masjid ini.

Masjid yang di beri nama Baitu Shobur ini memiliki arti "Tempat Orang Yang Sabar" Filosofi dari nya ialah mencegah perbuatan kotor dan keji "Sebaik-baik nya Tempat Untuk Menahan diri itu Masjid"

Masjid Agung Islamic Center Tulang Bawang Terkesan Unik


Kenapa saya bilang unik ?, Karena Masjid agung di desain tidak seperti umum nya yang memiliki menara, melainkan masjid ini berbentuk Vertikal, selain itu keunikan lain yang di miliki Masjid Agung Tubaba ini ialah di buat dengan filosofi "Kita tidak memperlihatkan wajah tetapi sesungguhnya kita menyodorkan hati "dan" Lahir di kandung adat, dan mati di bekali amal dan iman.

Filosofi tersebut di ucapkan langsung oleh bpk. Umar Ahmad yang menjadi Bupati Tulang Bawang Barat saat itu.
  • Masjid yang berukuran 34x34 meter tersebut ternyata di ambil dari banyak nya jumlah sujud dalam menjalankan ibadah Sholat wajib Umat Islam.
  • Masjid Agung TUBABA di topang oleh 114 pilar beton yang melambangkan banyak nya jumlah dari surat di dalam kitab suci Al-qur'an.
  • Kubah Masjid pun tidak pada mestinya yang biasanya di buat bulat namun masjid ini di buat persegi lima, di bentuk nya persegi lima tersebut tidaklah jika tidak memiliki arti, dan di bentuknya persegi lima tersebut yaitu melambangkan Sholat wajib ada lima.
  • Masjid Agung ini memiliki tinggi 30 meter yang sudah jelas kita ketahui bahwa juz dalam Al-qur'an terdapat 30 Juz.
  • Dan setiap sisi kubah melambangkan Sholat 5 waktu

Masjid Agung Asma'ul  Husna TUBABA

Selain keunikan di atas masjid yang juga biasa di sebut dengan Masjid Asmaul Husna ini juga memiliki keunikan yang luar biasa, kenapa saya sebut luar biasa, karena sesuai dengan namanya (Asma'ul Husna) Masjid ini memiliki 99 lubang cahaya yang menerangi Masjid dan akan berubah sesuai perputaran bumi mengelilingi matahari, kita juga bisa menyebutnya Kubah Cahaya 99 Asma'ul Husna.

Islamic Center TUBABA Sebagai Obyek Wisata Lampung


Selain menjadi tempat beribadah umat islam Islamic Center ini juga terkenal sebagai obyek wisata di Provinsi Lampung.

Dengan beredarnya foto-foto panorama yang indah di dalam lokasi Islamic Center ini mampu membuat rasa penasaran orang-orang seluruh masyarakat TUBABA, bahkan dari luar TUBABA pun banyak yang telah mendatanginya.

Untuk wisata di dalam Lingkungan Islamic Center ini terdapat banyak pemandangan yang mampu memanjakan mata kita saat memasukinya, diantaranya ialah Sesat Agung, Danau Buatan, yang terisi dengan jutaan ikan hias seperti ikan mas ikan nila dll.

Untuk lebih jelasnya mari simak sedikit penjelasan dari wisata-wisata di Islamic Center

1. Sesat Agung Bumi Gayo


Islamic Center Tulang Bawang
Sesat Agung Tulang Bawang Barat

Sesat Agung ini adalah rumah adat Lampung dan bernama lengkap Sesat Agung Bumi Gayo, letak nya pun bersandingan dengan Masjid Agung.

Dengan motif  berbeda dengan bangunan Sesat Agung lain nya yakni Gabungan Empat Rumah Besar yang dapat di artikan sebagai Empat Marga Besar yang ada di Tulang Bawang, dan Empat Rumah Besar tersebut menaungi Lima Rumah Besar di dalam nya dan dapat di artikan pula sebagai " Menaungi Transmigrasi dari Lima Pulau Besar di Indonesia, Bersatu dan Berbaut menjadi satu Atap Bersama".

2. Danau Indah Berjuta Ikan Hias


Danau Islamic Center Tulang Bawang Barat

Bisa kita lihat dari panorama di atas bahwa terletak danau buatan yang sangat luas di sepanjang halaman, dan saat kita mulai memasuki halamn pun kita di kejutkan dengan danau tersebut yang terdapat ikan-ikan cantik yang langsung menghampiri kita layak nya itik mencari induknya, mungkin karena sudah terbiasa dengan manusia ikan-ikan ini malah menghampiri kita.

Islamic Center Tulang Bawang
Memberi Makan Ikan Hias di Islamic Center Tulang Bawang Barat

Dengan mengeluarkan uang 5 ribu rupiah kita sudah bisa mendapatkan makanan untuk ikan dan menaburkan nya untuk melihat begitu banyak nya ikan yang berdatangan.

Waaah ... berasa jadi peternak sukses :v ..

3. Taman Santai Pelepas Lelah
Islamic Center Tulang Bawang
Bersantai di Islamic Center Tulang Bawang Barat

Selain itu terdapat pula taman yang indah untuk melepas lelah dan cocok untuk bersantai bersaama pasangan kita, ups... namun hanya di perbolehkan bagi yang sudah halal ya... dan bagi para jomblowers jangan lupa ajak kawan-kawan biar tidak galau.. hehee

Kita juga bisa berfoto-foto di atas batu-batu yang tersusun rapih, pohon-pohon kecil yang layak nya hutan rimbun dan masih banyak panorama indah lain nya.

4. Pesta Adat di Hari Minggu


Islamic Center Tulang Bawang
Wisata Adat di Islamic Center Tulang Bawang Barat

Saat saya kemarin berkunjung di Islamic Center TUBABA saya di ajak ngobrol oleh seorang wanita paruh baya penjual umpan/sentrat ikan, beliau menjelaskan bahwa di setiap Hari Minggu di area Islamic Center di adakan hiburan atau biasa di sebut Pesta Adat, ya ! pesta adat, karena di setiap hari minggunya akan di adakan acara adat seperti adat Jawa, Adat Sunda, Adat Lampung tentunya dan adat adat lain nya yang ada di Indonesia.

Berhubung saya kemarin berkunjung di sana waktu hari senin maka saya hanya menyaksikan bekas-bekas atau sisa-sisa atribut yang di gunakan untuk menyelenggarakan acara tersebut, seperti tenda dll.

Saran: Jika kawan-kawan semua ingin berkunjung ke Islamic Center Tulang Bawang Barat maka alangkah baiknya datanglah di hari minggu agar bisa menikmati hiburan nya yang telah di sediakan, bahakn terkadang ada acara Reage nya, nah tuh cocok untuk muda mudi seperti kawan-kawan dan saya sendiri tentunya. hehe

Alamat Lengkap Wisata Tulang Bawang Barat

Untuk kawan kawan yang ingin berkunjung kesana jangan lupa catat dulu alamat lengkap Islamic Center TUBABA yang tertulis di bawah ini

Alamat Islamic Center terletak di : Kelurahan Panaragan Jaya Kec. Tulang Bawang Tengah Kab. Tulang Bawang Barat Prov. Lampung.

Kesimpulan :
 Islamic Center Tulang Bawang ini di buat untuk beribadah umat islam dan untuk menjadikan tempat wisata suci yang ada di lampung, oleh karena itu alangkah baik nya berkunjung lah dengan niat yang baik untuk menyelaraskan tmpat ibadah sekaligus tempat wisata di lampung ini,

Demikian lah sedikit penjelasan tentang salah satu Wisat di Lampung yaitu Islamic Center Tulang Bawang Barat Yang Bikin Penasaran yang dapat saya bagikan, karena begitu banyak huruf yang saya ketik satu demi satu maka terasa tangan saya pegal dan semua itu tidak masalah bagi saya karena hany inilah yang dapat saya bagikan , yakni berbagi wawasan untuk kebaikan bersama agar wisata-wisata lampung bisa berkembang dan mencapai puncak kejayaan nya di suatu saat nanti.

Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kita. terimakasih.

Previous
« Prev Post

2 komentar

wah makin maju aja ya kota lampung, tapi kenapa yang nomer 1. dinamakan Sesat ?

Sesat itu nama rumah adat di lampung pak.

Kritik dan saran Anda selalu kami tunggu, tinggalkan lah komentar yang baik !

Contact Form

Name

Email *

Message *