HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Cara Menggunakan WhatsApp Via PC / Dekstop dengan Baik


Dari miliaran orang yang hidup di berbagai negara, WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi. Mereka menggunakannya untuk bisnis atau sekedar mengobrol dengan keluarga dan orang tercinta.


Tapi menggunakan WhatsApp di smartphone itu berasa kurang lega akibat ukuran layarnya yang kecil, sehingga hadirlah WhatsApp Desktop yang mirip WhatsApp Web, tapi merupakan sebuah aplikasi untuk Windows maupun Mac. Biar penggunaannya jadi lebih cepat dan bermanfaat, ada beberapa tips menggunakan WhatsApp Desktop yang bisa kamu coba.

WhatsApp Desktop ini lebih bisa diandalkan, lebih cepat, dan lebih baik daripada kamu menggunakan WhatsApp di browser. 

Yuk kita lihat beberapa cara menggunakan WhatsApp via pc/dekstop dengan baik.

1.      Mengatur Notifikasi yang Masuk

Secara default, WhatsApp bakal memberimu notifikasi setiap kali kamu mendapat pesan. Namun, ternyata ada cara untuk mengatur notifikasi yang masuk. Klik tombol menu drop-down yang ada di sebelah kiri foto profil dan pilih Settings > Notifications.


Kamu bisa mematikan suara notifikasi yang masuk, desktop alert, dan juga mematikan chat preview (biar nggak diliat orang). Selain itu kamu juga bisa mute WhatsApp Desktop selama sejam atau seharian dengan menu drop-down di bagian bawah.

2.      Menggunakan Emoji dengan Shortcut

Kalo kamu adalah orang yang suka pake emoji buat nge-chat, maka kamu bisa menggunakan Shift + Tab sebagai shortcut untuk memilih menu emoji, dan tekan Enter untuk membukanya. Selain itu, kamu bisa mencari apa emoji yang kamu butuhkan dengan mengetik tanda titik dua ( : ) diikuti dengan nama emoji pada kolom chat. Misal kamu ngetik ":laugh", maka bakal muncul semua emoji tertawa yang ada. Gunakan arrow key untuk memilih, lalu tekan Enter.

3.      Navigasi WhatsApp Secara Cepat dengan Tombol Tab

Salah satu tips menggunakan WhatsApp Desktop secara maksimal adalah dengan menggunakan tombol Tab. Fungsi ini didesain supaya kamu bisa menggunakannya secara cepat walau hanya menggunakan keyboard. Setelah membuka aplikasinya, Tab pertama akan menyoroti area Search. Tab berikutnya akan membawamu menuju daftar chat. Berikutnya adalah emoji dan yang terakhir adalah kotak pesan. Jadi kalo kamu mau buka chat yang udah ada, kamu tinggal tekan Tab, ketik namanya, lalu pilih dari daftar chat yang keluar, lalu tekan Enter.

4.      Mengubah Emoji ke Emoticon

WhatsApp Desktop masih support penggunaan emoticon seperti yang biasa digunakan di zaman dulu lho, dan akan otomatis mengubahnya jadi emoji. Jadi kalo kamu udah terbiasa nge-chat pake gaya anak muda generasi 90-an, kamu bisa tetap menggunakannya di WhatsApp Desktop. Caranya cukup tekan Enter emoticon yang udah kamu buat. Semua emoticon yang terkenal seperti  :-), :-(, :-p.

5.      Format Teks

Di tahun 2017, WhatsApp akhirnya mendukung text formatting di mobile apps. Itu berarti sekarang kamu bisa mengubah teks kamu menjadi bold, italic, strikethrough, dan monospace font, begitu juga dengan WhatsApp Desktop.
-          Untuk mengubah teks jadi bold: *bold*
-          Untuk italic: _underscore_
-          Untuk strikethrough: ~strikethrough~
-          Untuk monospace font: ```monospace```

6.      Shortcut untuk WhatsApp Desktop

WhatsApp Desktop memang didesain supaya bisa digunakan dengan keyboard sepanjang waktu, karena itu banyak shortcut yang bisa kamu gunakan tanpa harus repot-repot menggunakan mouse.
-          Control/Command + N: Memulai chat baru
-          Control/Command + Shift + N: Membuat grup baru
-          Control/Command + E: Mengarsip chat
-          Control/Command + Shift + M: Mematikan chat
-          Control/Command + Shift + U: Mengubah status "Read" sebuah chat
-          Control/Command + Backspace/Delete: Menghapus pesan yang ditulis
-          Control/Command + P: Membuka profil.

Itulah cara menggunakan WhatsApp via pc/dekstop dengan baik. Semoga Bermanfaat!

Newest
You are reading the newest post

Kritik dan saran Anda selalu kami tunggu, tinggalkan lah komentar yang baik !

Contact Form

Name

Email *

Message *